Tuesday, July 24, 2012

Inilah Sabuk Pengaman Versi Mercedes-Benz

Inilah Sabuk Pengaman Versi Mercedes-Benz. Beltbag fungsinya sama dengan kantung udara yang digunakan saat ini, mengembang bila mobil mengalami benturan. Bedanya, kantung udara ini menyatu dengan sabuk keselamatan.


Munculnya gagasan membuat "beltbag" karena berdasarkan pengalaman, sabuk pengaman berpotensi menghancurkan tulang iga dan abdomen ketika menahan bobot penumpang.Nah, dengan kantung udara, tekanan pada dada lebih lembut.

Produsen mobil pertama yang memperkenalkan sabuk pengaman yang bisa mengembang tersebut adalah Ford pada Explorer 2010 silam. Pada Ford, udara bertekanan tinggi dari silinder yang berada di bawah kursi disalurkan lewat pipa khusus yang mengisi kantung pada sabuk pengaman. Namun Ford baru menawarkannya sebagai opsional.

Mercedes-Benz juga mengikuti langkah Ford, namun dirancang khusus untuk penumpang belakang dan diberi nama beltbag. Produsen mobil mewah asal Jerman itu mengatakan, segera menggunakan pada S-Class). Berbeda dengan Ford, beltbag dijadikan perlengkapan standar oleh Mercedes-Benz. Bahkan rencananya juga akan dipantenkan.

No comments:

Post a Comment