Tuesday, July 24, 2012

Tiga Mobil SUV Diesel Menjadi Favorit Pemudik Lebaran 2012

Tiga Mobil SUV Diesel Menjadi Favorit Pemudik Lebaran 2012. Seperti tahun sebelumnya, jelang Lebaran mobil jenis MPV (Multi Porpose Vehicle) masih menjadi primadona. Kapasitas penumpang yang banyak menjadi salah satu alasan mobil ini jadi favorit mudik. Apalagi yang bermesin diesel.

"Sebelum musim mudik, penjualan mobil bekas diesel memang cukup tinggi. Diperkirakan akan terus meningkat jelang Lebaran," kata Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua --perusahaan pengelola mal mobil bekas di Jakarta Utara--, Herjanto Kosasih, Selasa 24 Juli 2012.

Menurutnya, ada tiga mobil bekas bermesin diesel yang banyak dicari konsumen. Ketiga mobil ini cukup tangguh dan nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh. "Ketiganya adalah tipe SUV (Sport Utility Sport) Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Chevrolet Captiva," kata Herjanto.

Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan ketiga mobil tersebut?

Dari ketiganya, Toyota Fortuner diesel memiliki dimensi bodi dan kabin yang sedikit lebih besar ketimbang dua rivalnya. Namun dari segi performa mesin, Fortuner paling kecil. Mesin empat silinder berkapasitas 2.5-liter yang digunakan sanggup menghasilkan tenaga 102 hp dengan torsi mencapai 265 Nm.

Sedangkan Mitsubishi pajero Sport mengandalkan mesin empat silinder 2.5-liter dengan daya yang jauh lebih besar, yaitu 178 hp dengan torsi puncak yang mencapai 350 Nm. Hal ini karena didukung dengan perangkat turbocharged.

Adapun Chevrolet Captiva mengandalkan mesin berkapasitas 2.0-liter. Meski demikian tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 163 hp dengan torsi melimpah hingga 360 Nm. Performa besar ini tak luput dari penggunaan perangkat turbocharger lengkap dengan intercooler.

Soal sistem keselamatan, ketiganya telah dilengkapi dengan standar keselamatan terkini seperti airbag dan juga sistem rem ABS. Lalu untuk segi harga bekas ketiga kendaraan ini saling bersaing.

Pajero Sport diesel bekas dibanderol sekitar Rp325-345 juta. Kemudian Fortuner dilepas dengan kisaran harga Rp290-300 juta. Dan Captiva dihargai Rp260-300 juta.

No comments:

Post a Comment