Friday, August 3, 2012

Kegunaan Oli Pelumas untuk Mesin Sepeda Motor

Warta Automotive kali ini akan memposting mengenai pelumas atau oli, mungkin anda sudah mengenal sekali dengan oli atau pelumas tersebut dan untuk lebih jelasnya anda juga harus mengetahui kegunaan oli atau pelumas tersebut. Kegunaan Oli Pelumas untuk Mesin Sepeda Motor

Fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin yang bergerak dengan cara mencegah kontak atau gesekan langsung dua logam yang berhubungan. Berikut ini fungsi lengkap pelumas:


  1. Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  2. Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotora n tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  3. Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.
  4. Mengurangi gesekan komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi olu pelumas.
  5. Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  6. Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai Kegunaan Oli Pelumas untuk Mesin Sepeda Motor yang tiap bulan sering anda lakukan untuk menggantinya untuk  sepeda motor anda. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment